Saturday, May 19, 2007

TRANSPLANTASI ORGAN DALAM

TRANSPLANTASI ORGAN DALAM
SOAL :
Assalamu’alaikum Warohmatulloh Wabarokatuh
Gus, Bagaimana hukum tranplanstasi organ dalam (bukan bedah kulit)?
Maturnuwun nggih…
(Pertanyaan dari : +6281379569XXX)


JAWAB:
Wa ‘alaikumusssalam Warohmatulloh Wabarokatuh
Sak jane iku ngene lho…
Transplantasi adalah pemindahan jaringan atau organ dari satu tempat ke tempat yang lain. Sehingga transplantasi terbagi menjadi dua, yaitu transplantasi jaringan dan transplantasi organ.
Adapun hukum asal transplantasi itu haram, sebagaimana hadits nabi yang berbunyi :
كَسْر عَظْم الْمَيِّت كَكَسْرِهِ حَيًّا
Dalam perkembangannya, para ulama men-tafshil hal tersebut di bawah ini :
Pertama, jika transplantasi dilakukan terhadap organ mayit, maka hukumnya ditafshil :
· Jika si mayit telah memberi izin terlebih dahulu sebelum meninggal, maka transplantasi tsb. boleh dilakukan, dengan syarat sbb :
- Sakit (dlarar) yang diderita oleh pasien dapat melebihi kerusakan pencemaran kehormatan mayit yang telah diambil organnya.
- Semata-mata demi keberlangsungan hidup pasien.
- Tidak ditemukan selain dari anggota tubuh manusia
- Organ yang diambil harus dari mayit yang muhaddaraddam (darahnya tersia-siakan)
Transplantasi tersebut dapat dilakukan semata-mata karena mendahulukan perkara yang lebih penting serta adanya kaedah : الضرورات تبيح المحظورات
· Jika sebelumnya si mayit tidak memberikan wasiat (memberi izin) terlebih dahulu sebelum meninggal, maka bola “perizinan” bergulir pada keluarganya. Jika pihak keluarga si mayit memberikan izin, maka transplantasi organ tsb. boleh dilaksanakan. Jika si mayit tidak mempunyai ahli waris (atau tidak diketahui ‘jluntrungya”), maka perizinan transplantasi tersebut berada di tangan pemerintah.

Kedua, jika transplantasi dilakukan terhadap orang yang masih hidup, maka hukumnya tetap masih harus ditafshil :
· Jika transplantasi dapat menyebabkan kematian si pendonor, seperti trasplantasi hati, jantung dsb. maka transplantasi tersebut haram dilakukan secara mutlak, baik transplantasi tsb. mendapat izin dari pendonor maupun tidak. Karena izin tsb. berarti suatu pengorbanan (intihar) yang tidak “dianggap” oleh syara’. Kalo’ tidak mendapat izin, maka transplantasi tsb. berarti suatu pembunuhan terhadap diri pendonor. Jadi kedua hal tersebut di atas tetap diharamkan sebagaimana maklum adanya.
· Jika transplantasi tersebut tidak menyebabkan kematian si pendonor (dalam arti si pendonor tetap bisa hidup tanpa adanya organ itu) maka hukumnya ditafshil lagi :
- Jika organ (jaringan) yang ditranplantasi tersebut dapat diperbaharui lagi oleh tubuh maka hukumnya boleh, seperti donor darah maupun kulit.
- Jika organ (jaringan) yang ditranplantasi tersebut tidak dapat diperbaharui lagi oleh tubuh maka hukumnya haram, seperti transplantasi mata, ginjal, tangan, kaki dsb.

REFERENSI:
· Al Fiqhu Al Islami Wa Adillatuhu, Juz VII hal. 5124
· Ahkam Al Fuqoha, hal. 354-355
· Fatawi Al Azhar, Juz 10 hal. 104

الفقه الإسلامى وأدلته- )ج 7 ص 5124(
· يجوز نقل عضو من ميت إلى حي تتوقف حياته على ذلك العضو، أو تتوقف سلامة وظيفة أساسية فيه على ذلك بشرط أن يأذن الميت أو ورثته بعد موته أو بشرط موافقة ولي المسلمين إن كان المتوفى مجهول الهوية أو لا ورثة له
· يحرم نقل عضو تتوقف عليه الحياة كالقلب من إنسان حي إلى إنسان آخر
يجوز نقل العضو من جسم انسان إلى جسم إنسان آخر إن كان هذا العضو يتجدد تلقائيا كالدم والجلد

فتاوى الأزهر - (ج 10 / ص 154)
السؤال : هل يجوز نقل عضو من شخص إلى آخر ؟
الجواب : اختلفت آراء الفقهاء ورجال القانون فى هذا الموضوع ، وبعد استعراض أدلتهم وما جاء فى كتب الفقه نرى ما يأتى :
أولا : إذا كان المنقول منه ميتا ، فإن كان قد أوصى أو أذن قبل وفاته بهذا النقل فلا مانع من ذلك حيث لا يوجد دليل يعتمد عليه فى التحريم وكرامة أجزاء الميت لا تمنع من انتفاع الحى بها ، تقديما للأهم على المهم ، والضرورات تبيح المحظورات كما هو مقرر .
وإن لم يوص أو لم يأذن قبل موته ، فإن أذن أولياؤه جاز ، وإن لم يأذنوا : قيل بالمنع وقيل بالجواز ، ولا شك أن الضرورة فى إنقاذ الحى تبيح المحظور . وهذا النقل لا يصار إليه إلا للضرورة.
ثانيا : إذا كان المنقول منه حيا ، فإن كان الجزء المنقول يفضى إلى موته مثل القلب كان النقل حراما مطلقا ، أى سواء أذن فيه أم لم يأذن ، لأنه إن أذن كان انتحارا ، وإن لم يأذن كان قتلا لنفس بغير حق ، وكلاهما محرم كما هو معروف .
وإن لم يكن الجزء المنقول مفضيا إلى موته ، على معنى أنه يمكن أن يعيش بدونه فينظر : إن كان فيه تعطيل له عن واجب ، أو إعانة على محرَّم كان حراما ، وذلك كاليدين معا أو الرجلين معا ، بحيث يعجز عن كسب عيشه أو يسلك سبلا غير مشروعة وفى هذه الحالة يستوى فى الحرمة الإذن وعدم الإذن .
وإن لم يكن فيه ذلك كنقل إحدى الكليتين أو العينين أو الأسنان أو بعض الدم ، فإن كان النقل بغير إذنه حرم ، ووجب فيه العوض ، على ما هو مفصل فى كتب الفقه فى الجناية على النفس والأعضاء ، وإن كان بإذنه قال جماعة بالتحريم ، واحتج بعضهم عليه بكرامة الآدمى التى تتنافى مع انتفاع الغير بأجزائه ، وبأن ما يقطع منه يجب دفنه .

No comments: