Wednesday, March 21, 2007

OPERASI PLASTIK DARI ORGAN ORANG LAIN

SOAL:

Gus Tok, Saya punya permasalahan yang berkaitan dengan operasi plastik yang menggunakan daging atau kulit orang lain yang tidak jelas mahromnya. Nah... yang seperti itu gimana hukumnya Gus? (081328434###)

JAWAB:
Pertanyaan anda, "yang seperti itu gimana hukumnya?" itu kurang begitu jelas kami tangkap,(karena kami bukan kiper he he) tapi kami akan mencoba meraba apa yang anda maksud dengan "seperti itu"
Ceritanya begini...
  • Jika yang anda maksud dengan "seperti itu" adalah operasi plastik menggunakan daging, maka hukumnya haram dilakukan jika:
  1. Diambilkan dari daging orang lain yang masih hidup
  2. Diambilkan dari daging mayit, namun bukan demi keberlangsungan hidup pasien operasi.
  • Jika yang anda maksud dengan "seperti itu" adalah operasi plastik menggunakan kulit, maka hukumnya boleh dilakukan dengan ketentuan sbb:
  1. Operasi itu dilakukan semata-mata demi penyembuhan dan pemulihan (seperti tidak untuk menambah kecantikan wajah)
  2. Dloror (resiko) pengambilan kulit dari orang lain lebih kecil dibandingkan dengan resiko yang harus ditanggung oleh orang tersebut jika ia tidak melakukan operasi
  3. Ditangani oleh tim ahli dari berbagai bidang disiplin ilmu kedokteran yang mumpuni.
  • Jika sudah seperti itu, maka hukum daging atau kulit pendonor yang sudah menyatu dengan badan pasien menjadi seperti hukum badan pasien itu sendiri tanpa memandang kemahroman.

REFERENSI:
Al Fiqhu Al Islami Wa Adillatuhu, Juz VII hal. 5124
Nihayah Al Zain, hal. 27

يجوز نقل عضو من ميت إلى حي تتوقف حياته على ذلك العضو ، أو تتوقف سلامة وظيفة أساسية فيه على ذلك بشرط أن يأذن الميت أو ورثته بعد موته أو بشرط موافقة ولي المسلمين إن كان المتوفى مجهول الهوية أو لا ورثة له
  • يحرم نقل عضو تتوقف عليه الحياة كالقلب من إنسان حي إلى إنسان آخر

يجوز نقل العضو من جسم انسانيحرم نقل عضو تتوقف عليه الحياة كالقلب من إنسان حي إلى إنسان آخر إلى جسم إنسان آخر إن كان هذا العضو يتجدد تلقائيا كالدم والجلد.
الفقه الإسلامى وأدلته ج 7 ص 5124
ولو قطع عضو من شخص والتصق بآخر وحلته الحياة فله حكم من اتصل به لا إن انفصل عنه فلو قطعت يد رجل والتصقت بامرأة وحلته الحياة إنتقض وضوء الرجل بلمسها وعكسه
نهاية الزين ص 27
والله أعلم بالصواب

No comments: