Thursday, September 27, 2007

Al Mausu'ah Al Maktabah Al Syamilah

Untuk aktivis Bahtsul Masail, Mbah Kyai, Ustadz, Santri inilah perpustakaan sekaligus "perewangan" pencari ibarah yang handal, ialah Maktabah Syamilah 2.11 Kemampuan Utama software ini, diantaranya :

* Membuka kitab apapun dengan mudah berdasarkan Juz dan Halamannya.
* Bila sulit mencari kitabnya, ada dua pilihan, dicari berdasarkan urutan (index) huruf atau berdasarkan bidang ilmunya.
* Bila hanya tahu sedikit kata dari judulnya, misal Ihya Ulumiddin, maka cukup ketikkan Ihya, maka akan diantarkan daftar kitab yang di judulnya tertera kata Ihya.
* Mencari IBARAT. (Catatan : IBARAT adalah keterangan ayat / hadits / fatwa / pembahasan yang terkait dengan Jawaban yang dibutuhkan). Inilah kunci utama pentingnya software ini.

Pencarian itu dilakukan dengan memasukkan sebuah kata, dan software akan mencarinya di seluruh kitab.

1. Bila terlalu banyak hasil pencariannya, bisa pula dibatasi pada nama kitab tertentu saja atau pada bidang ilmu tertentu saja. Misalkan pembahasan Makmum Masbuq, bisa didapat dari Kitab-kitab di bidang Hadits, bidang Fiqih (Madzhab 4), dll.
2. Pencarian kata itu di dalam 1800 kitab bisa dilakukan, akan tetapi jelas memakan waktu dan mungkin tidak semuanya berkait langsung dengan yang diinginkan penanya.
3. Maka dengan membatasinya hanya pada Kitab Majmu' saja mungkin akan lebih mudah. Bisa juga diperluas sedikit dengan menambah daftar kita yg akan dituju ini. Atau bahkan lebih luas lagi, yakni di seluruh kitab fiqih dalam Madzhab Imam Syafi'iy.
4. Daerah pencarian juga bisa digabungkan dari bidang yang berbeda, misalnya dari bidang fiqih Madzhab Imam Syafi'iy ditambah Madzhab Imam Maliki, ditambah bidang Tafsir, dan bidang hadith dan lain-lain. Link:Pesantren Virtual
.

6 comments:

Anonymous said...

Kami punya kopiannya dan sudah dikompres jadi satu cd yang bila di ekstrak akan menjadi 3,5 GB. Disertai cara installasi dan sedikit penggunaannya dalam bentuk video yang sudah dikompress ke exe sehingga bisa langsung jalan ketika di klik. Bagi yang belum punya bisa hubungi alifjuman@yahoo.com, murah cuman Rp 20.000 sudah termasuk ongkos kirim ke seluruh indonesia. Kalo keberatan (maklum santri) untuk Intern jawa bisa Rp 10.000, pembayaran via BCA stelah CD anda dapatkan.

imron said...

Ass. Wr. Wb.
Bagi yang punya kopiannya maktabah syamilah versi 2.09/2.11, tolong kirimi saya dengan identitas:
Nama : Imron Zarkasyi
Alamat : PP. Nurul Huda Paowan Panarukan Situbondo 68351 Jawa Timur.
E-mail : virza_indy@plasa.com
Saya sangat membutuhkannya untuk pengembangan & kemudahan belajar bagi saya pribadi dan bagi santri yang ada di pesantren saya. Tolong cantumkan juga no. rek. untuk transfer biaya copy & ongkos kiimnya.
Terima kasih dan,
Wass. Wr. Wb.

imron said...

Ass. Wr. Wb.
Bagi yang punya kopiannya maktabah syamilah versi 2.09/2.11, tolong kirimi saya dengan identitas:
Nama : Imron Zarkasyi
Alamat : PP. Nurul Huda Paowan Panarukan Situbondo 68351 Jawa Timur.
E-mail : virza_indy@plasa.com
Saya sangat membutuhkannya untuk pengembangan & kemudahan belajar bagi saya pribadi dan bagi santri yang ada di pesantren saya. Tolong cantumkan juga no. rek. untuk transfer biaya copy & ongkos kiimnya.
Terima kasih dan,
Wass. Wr. Wb.

Anonymous said...

* Pustaka Digital Al Kubro ini terilhami dari beberapa software program Pustaka atau Mausu’ah Digital yang kami dapatkan saat kami menunaikan Ibadah haji tahun 2006 yang lalu. Alhamdulillah kami berkesempatan mengkoleksi berbagai macam software tersebut, baik dalam bentuk CD, DVD ataupun eksternal Hardis. Dengan koleksi tersebut sesampainya ditanah air kami coba pelajari dan cermati, dan kesimpulannya, kami sangat berbahagia sekali karena kami telah mendapatkan gudang samudera ilmu yang amat berharga. Impian untuk memiliki perpustakaan lengkap tercapai sudah. Kami sempat mengkalkulasi jumlah kitab yang ada dalam software tersebut mencapai lebih dari 2500 judul yang terdiri lebih dari 20.000 jilid, Jika judul kitab dalam jumlah tersebut kita beli dalam versi cetaknya, kita butuh dana sekurang kurang 1 Milyar Rupiah.

* Berangkat dari yang tersebut diatas kami berkeinginan kuat kiranya software tersebut bisa di nikmati oleh kaum Muslimin Indonesia, akan tetapi yang menjadi kendala adalah factor bahasa yang tidak semua orang bisa bahasa Arab atau mereka yang bisa bahasa Arabpun belum tentu paham bahasa istilah computer dalam bahasa Arab. Akhirnya kendala tersebut bisa kami atasi dengan cara mengolah ulang interface software ke dalam bahasa Indonesia dan kadang kadang dicampur dengan bahasa Inggris karena tidak memungkinkan di Indonesiakan.



* Software program Pustaka ini dirancang dengan mode opensource sehingga sangat memungkinkan untuk dikembangkan pengguna menjadi pustaka pribadi yang dinamis dan variatif. Oleh karena itu dalam pola distribusi kami paketkan dengan training penggunaan yang insya Allah dengan cara tersebut pengguna bisa memanfaatkan software secara optimal dan maksimal.



* Bagi mereka yang sama sekali tidak paham bahasa Arab kami masukkan program instant translator yang sementara bisa dimanfaatkan dengan cara online link via google/translate. Insya Allah pada versi berikutnya akan kami usahakan secara offline dengan software khusus. Mohon doanya.

alif said...

Bagi yang pengin DVD Syamilah 13 GB bisa pesan ke alif jum’an PP.Assalafiyyah Mlangi Nogotirto 55292 alifjuman@yahoo.com HP 085215695370. Satu keping DVD cuman Rp.20.000 (duapuluh ribu rupiah) sudah termasuk ongkos kirim ke seluruh kota di indonesia dan video tutorial cara penggunaan Syamilah dan cara setting arabic di win98,xp maupun vista.

alif said...

Subkhanalloh...... itulah yang pertama kali keluar dari mulut mungil kami, setelah berhasil menginstall dan mencicipi al marji' al akbar, satu software kumpulan ribuan kitab sebagaimana asy syamilah, begitu cepat dan sangat komphrehenseif, bayangkan saja kalo syamilah butuh beberapa menit untuk mencari suatu lafad dalam satu bidang kitab, maka al marji' hanya butuh 0.00001 detik, maka data yang anda inginkan sudah tersedia dari 12.000 jilid kitab yang ada.....

DVD sebesar 3,2 GB kalu diinstall butuh 3.7 GB, dan indahnya lagi butuh DVD originalnya untuk membuka dan mengawali programnya...., setelah program terbuka, DVD boleh disingkirkan. Namun sekuat apapun proteksi CD or DVD, ternyata bobol juga oleh sebuah kebetulannn... Matur nuwun Pak Hasan dan Pak Ali As'ad atas oleh-oleh kitab tersebut dari Haji di tahun 2007 kemarin.