Saturday, March 31, 2007

MASJID PRIBADI

SOAL :
Gus, gimana kalo’ ada kasus seperti ini…
Pak Tur dikenal sebagai seorang milyader di daerahnya. Meskipun usianya masih sangat muda, tapi dia terkenal oportunis dan sangat lihai dalam menjalankan roda bisnisnya. Mengingat namanya kurang begitu diterima di masyarakat, pak Tur ingin merehabilitasi namanya dengan membangun sebuah masjid pribadi di tengah-tengah kota dan berkubah emas, meskipun hanya bersifat sementara.
Pak Tur berharap, ketika harga tanah masjid tersebut melonjak atau harga satuan emas nanti meningkat tajam, dia bisa menjual kembali tanah atau kubah emas masjid tersebut. Bagaimana status masjid pribadi tersebut menurut pandangan syara’ serta bagaimana hukum penjualannya?

JAWAB:
Status masjid tersebut otomatis langsung menjadi barang wakaf, sehingga tidak bisa menjadi masjid pribadi dan tidak bisa diperjualbelikan lagi.
REFERENSI :
• I’anah Al Tholibin, juz 3, hal.190
• I’anah Al Tholibin, juz 3, hal.192

إعانة الطالبين - )ج 3 / ص 190(
(وقوله: به) أي بقوله جعلت الخ (قوله: وإن الخ) غاية في صيرورته مسجدا بقوله المذكور (قوله: ولا أتي بشئ مما مر) أي: من قوله لا يباع ولا يوهب ولا يورث (قوله: لان المسجد الخ) علة لصيرورته مسجدا بذلك، أي أنه يصير مسجدا بمجرد قوله جعلته مسجدا، لان المسجد لا يكون إلا وقفا، فأغنى لفظه عن لفظ الوقف ونحوه

إعانة الطالبين - )ج 3 / ص 192(
نعم، ينبغي أن يقال لو وقفه على الفقراء ألف سنة أو نحوها مما يبعد بقاء الدنيا إليه، صح، كما بحثه الزركشي، كالاذرعي، لان القصد منه التأبيد دون حقيقة التأقيت، ومحل فساد الصيغة به فيما لا يضاهي التحرير، أي يشابهه، في انفكاكه عن اختصاص الآدميين، أما فيما يضاهيه، كالمسجد والرباط والمقبرة: كقوله جعلته مسجدا سنة، فإنه يصح مؤبد ويلغو التأقيت، كما لو ذكر فيه شرطا فاسدا (قوله: كوقفته على زيد سنة) تمثيل للمؤقت.

والله أعلم بالصواب وبغير الصواب

No comments: